UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI BAB THAHARAH SISWA KELAS VII B DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DI SMPIT NUR HIDAYAH SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

OLEH

MUH SHOFI AL MUBAROK

Media merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam pelaksanaan proses belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi, rangsangan kegiatan belajar dan hasil belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyamapaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat peserta didik, media pembelajaran juga dapat membantu peserta didik meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi.Terlebih lagi penggunaan multimedia merupakan media yang menggabungkan audio, visual, gerak, animasi, warna secara bersamaan sehingga mampu menarik perhatian peserta didik.

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan multimedia. Penelitian dilaksanakan di kelas VII B SMPIT Nur Hidayah Surakarta Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPIT Nur Hidayah Surakarta yang berjumlah 30 orang peserta didik. Penelitian ini bersifat PenelitianTindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Penelitian ini dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan metode tes sebagai metode pokok, wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai metode penunjang dalam penelitian. Metode tes digunakan penulis untuk melakukan pengamatan secara cermat tentang perkembangan hasil belajar pada proses kegiatan evaluasi atau latihan. Metode wawancara digunakan penulis untuk memberikan beberapa pertanyaan tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses kegiatan belajar mengajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia dan dokumentasi yang digunakan untuk melengkapi data-data guna menunjang dari data yang diperoleh.

Berdasarkan hasil penelitian penggunaan multimedia interaktif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI pada tiap siklusnya yaitu : (1) Pada siklus I, persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 63.3% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 36.7 %. (2) Pada siklus II, persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 76.7% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 23.3%. (3) Pada siklus III, persentase hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 86.7% sedangkan yang tidak tuntas sebesar 13.3%.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII B SMPIT Nur Hidayah Surakarta. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi para pendidik dan calon pendidik untuk meningkatkan keterampilan dalam mempergunakan media khususnya multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar sehingga tercipta kualitas pembelajaran yang ideal yang berstandar baik.

Lampiran.

Berdasarkan hasil analisis data pada pra siklus dan setelah dilakukan tindakan pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 dapat diketahui terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa melalui multimedia. Perbandingan hasil belajar siswa tiap siklus dapat dilihat pada tabel grafik berikut:

DAFTAR PUSTAKA

Al-Quran dan Terjemahan. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.)

Asnawir & Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers Nurgana, Endi. 1985. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: CV Permadi.

Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta. Dimyati dan Mudjiono. 1994. Belajar dan Mengajar. Jakarta; Rineka Cipta.

Poerwadarminta, W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1999.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005. Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi Bagi

Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana, 2010.

Rofiq, Ahmad, Hukum-hukum Islam di Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Sabiq, Sayyid, Fikih Sunah jilid 13, terjemahan Muhammad Thalib, Bandung; Al Ma’arif,1990

Saminanto, Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: RaSAIL Media Group, 2010 .

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2010.

Silbermen, Melvin L., Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2006 .

Sudjana, Nana. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru Sumanto. 1995. Metodelogi Penelitian Social dan Pendidikan. Yogyakarta: Andi

Offset

Sukmadinata, Nana Syaodah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2000.

Gambar Pembelajaran Siklus 13