Kelas Tahfidzul Qur’an

  1. Materi Hafalan Al Quran
    Dimulai dari Juz 30, 29, 28, 27, 26. Berpindah ke Juz 1 dan seterusnya. Setiap siswa harus melalui setiap Juz. Kecuali yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
  2. Sistem Hafalan Siswa
    Siswa yang masuk di SMPIT Nur Hidayah Surakarta dalam kelas Tahfidzul Quran. Dengan hafalan yang dimiliki dari sekolah asal. Maka pihak sekolah memberikan kriteria Fasilitas Hafalan Sebagai Berikut :
    a. Siswa yang memiliki hafalan 30 Juz. Maka melanjutkan dengan sistem Ujian Juz Sekali duduk. Dengan Tahap. 1 Juz. 3Juz ,5 Juz,10Juz,15Juz
    b. Siswa yang sudah pernah mengHafal 5 >= dan kwalitas Tilawah Hafalan Al Quran sudah memenuhi maka siswa melanjutkan hafalan dijuz selanjutnya.
    c. Siswa yang memiliki hafalan 5 juz < maka akan mengulang Hafalan dari Juz 30. d. Siswa yang memiliki hafalan 5 juz > tetapi kwalitas Bacaan belum memenuhi maka siswa mengikuti Program Tahsin Tajwid Dasar dan mengulang Hafalan dari Juz 30 dengan sistem setoran ¼ Juz/ Setoran dan selanjutnya
    e. Siswa akan mengikuti Program Tahsin Tajwid Dasar dan Talaqqi 30 Juz Bersama Guru Pengampu.
  3. Jenis Kegiatan
    Siswa mengikuti kegiatan reguler yang ditentukan pihak sekolah meliputi :
    a. Pembelajaran Ilmu pengetahuan yang terjadwal
    b. Tahsin Tilawah Al Quran yang pelaksanaan diawal Tahun Pelajaran
    c. Tahfidz Al Quran dengan pelaksanaan harian
    d. Murajaah Pekanan yang pelaksanaan setiap hari jumat
    e. Murajaah Bulanan
    f. Persiapan ujian juz sekali duduk
    g. Kegiatan pendukung seperti
    1) Mulazamah Adab Penghafal Al Quran dengan pelaksanaan satu kali/pekan
    2) Daurah Al Quran satu kali/ semester
    3) Motivasi Qurani
    4) Outbound
    5) Mabaqu ( Malam Bina Iman dan Quran)
  1. Alokasi Waktu

Siswa mendapatkan pembelajaran Al Quran disekolah sebanyak 18-20 jam/ pekan yang beririsan dengan bidang mata pelajaran tertentu. Waktu tersebut digunakan sebagai pembelajaran al Quran berupa Tahsin, setoran hafalan, murajaah, ujian juz.

Siswa berkewajiban mempunyai waktu Bersama Al Quran dirumah Bersama keluarga. Diantara waktu antara Maghrib – menjelang Tidur. Sekurang-kurangnya 1 jam setiap hari

  • Target Hafalan Siswa

Kelas Tahfidzul Quran Tahun Pelajaran 2021 – 2024

  1. Kriteria Ketuntasan Minimal 15 Juz 3 Tahun
KKM
Kelas 7Penilaian Tengah Semester GasalJuz 30, Juz 29,
6 JuzPenilaian Akhir Semester GasalJuz 28, Juz 27 ( surat Al Hadid – Ar Rahman )
 Penilaian Tengah Semester GenapJuz 27 (Al Qomar – Adz – dzariyat  ), Juz 26
 Penilaian Akhir Semester GenapJuz 1
Kelas 8Penilaian Tengah Semester GasalJuz 2, Juz 3 ( surat Ali Imran 15 )
6 JuzPenilaian Akhir Semester GasalJuz 3 ( Surat Ali Imran 16), Juz 4
 Penilaian Tengah Semester GenapJuz 5, Juz 6 ( Surat Al Maidah 23 )
 Penilaian Akhir Semester GenapJuz 6 (Surat Al Maidah 24 ), Juz 7
Kelas 9Penilaian Tengah Semester GasalJuz 7 , Juz 8  ( Surat Al A’raf 11 )
3 juzPenilaian Akhir Semester GasalJuz 8 ( Surat Al A’raf 12 ), Juz 9
 Penilaian Tengah Semester GenapJuz 10
 Penilaian Akhir Semester Genap 

Target Perhari
1) Setoran ½ halaman atau lebih per hari
2) Murajaah persiapan ujian selama 10 – 15 hari
3) Siswa murajaah ¼ Juz – ½ Juz – 1 juz
4) Ujian juz di hari ke 15 setelah setoran ziyadah selesai
5) Standar siswa selesai kenaikan juz ( 50 Hari )
6) 1 halaman per hari
7) 1 bulan selesai 1 juz/ 30 hari ( ziyadah )
8) 15 hari persiapan ujian juz
9) 1 hari untuk rehat setelah ujian

  1. Pembagian Kelompok

Penentuan anggota kelompok sesuai dengan hasil seleksi siswa. Saat mengikuti tes awal masuk di SMPIT Nur Hidayah. Penggabungan potensi siswa yang sama dalam satu kelompok. Setiap kelompok terdiri satu Guru dan 12 siswa.

  • Metode Muraja ah

Murajaah atau mengulang hafalan dan mempelajari Al quran memiliki kontribusi yang besar terhadap kekekalan didalam dada dan tidak lupa. Maka ada metode murajaah yang ditentukan yakni :

  1. Kwalitas waktu yang terbaik
  2. Waktu sahur : sebelum shalat shubuh
  3. Setelah shalat shubuh sampai terbitnya matahari
  4. Mengulang hafalan sesuai urutan dalam shalat sunnah dan shalat wajib
  5. Antara adzan dan iqamah
  6. Sebelum tidur malam
  7. Saat hari jumat
    1. Standar Pembiayaan

Pembiayaan tahfidz khusus setiap siswa dibebankan kurang lebih Rp 100.000; dengan pembayaran include SPP bulanan

  • Pelaksanaan Ujian Tahfiz

Pelaksanaan ujian juz sekali duduk dengan tenggang waktu 10 – 15 hari setelah siswa menyelesaikan ziyadah sebanyak satu juz. Dengan contoh jika siswa selesai ziyadah tanggal 1 Juni maka pelaksanaan ujian juz pada tanggal 16 juni.

  • Jenis Pelanggaran dan Skor Penilaian

Siswa melanggar adab yang semestinya dimiliki oleh siswa penghafal quran dalam kelompok. Diantara bentuk pelanggaran sebagai berikut;

  1. Siswa tidak menghargai atau tidak memiliki sopan santun kepada ustadz baik dalam bentuk ucapan atau perbuatan
  2. Siswa tidak menghargai atau tidak memiliki sopan santun kepada teman dalam kelompok baik dalam bentuk ucapan atau perbuatan
  3. Siswa melakukan perbuatan yang tidak pantas
  4. Siswa mengabaikan tata tertib atau tidak berkomitmen dalam kelompok seperti keluar tidak ijin, pindah-pindah dan lain sebagianya
  5. Siswa tidak setoran hfalan cukup lama dan tidak ada konfirmasi
  6. Skor penilaian masuk dalam kedisipilan siswa di sekolah
    1. Apresiasi dan Penilaian

Perwujudan apresiasi bagi siswa tahfidz khusus untuk memberikan motivasi bagi siswa agar senantiasa semangat menghafal dan belajar mandiri. Apresiasi diberikan apabila siswa memiliki kriteria sebagai berikut

  1. Jumlah hafalan yang melebihi target
  2. Kwalitas bacaan Al quran yang baik
  3. Hasil akademik yang baik
  4. Akhlak

Penilaian bagi siswa yang mendapatkan apresiasi dilakukan dengan tempo :

  1. Harian saat jadwal pembelajaran
  2. Setiap bulan
  3. Setiap tengah semester
  4. Setiap semester
    1. Pola pembelajaran mata pelajaran

Siswa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar dalam setiap pekan yakni dengan mata pelajaran sebagai berikut :

  1. IPA
  2. Bahasa Indonesia
  3. Bahasa Inggris
  4. Matematika
  5. PAI ( Pendidikan Agama Islam )
  6. Bahasa Arab
  7. Pendidikan Jasmani(olah raga)
  8. Pramuka
  9. BPI
  10. Ektra Wajib

Siswa mengikuti pola pembelajaran mata pelajaran seperti PPKn, IPS, Bahasa Jawa, Prakarya, seni Budaya dengan regulasi bertatap muka dengan guru mata pelajaran. metode pemadatan materi/ Matrikulasi menjelang PTS dan PAS. Matrikulasi berisi Membahas Rangkuman materi, membahas kisi-kisi dan Latihan soal. Selanjutnya Siswa diberikan tugas dengan belajar mandiri.

Belajar Mandiri siswa kelas Tahfidzul Quran dengan mempelajari buku pegangan dari sekolah, Rangkuman dan Latihan soal setiap tengah semester, bertemu dengan guru yang bersangkutan.

  1. Pengaturan Ulangan Harian dan Tugas Harian

Agar siswa tahfidz khusus tetap bisa memenuhi target hafalan dan memenuhi uji kompetensi maka ada pengaturan ulangan harian dalam hitungan sepekan yakni setiap pekan siswa mengerjakan ulangan harian sebanyak 2 mata pelajaran. Sedangkan dengan tugas harian siswa mengerjakan 4 mata pelajaran.

  1. Organisasi Sekolah dan bidang perlombaan

Agar siswa bisa beriringan mengikuti kegiatan KBM Tahfidzul Quran dan Keorganisasian di sekolah maka siswa bisa mendapatkan fasilitas organisasi OSIS, Dewan Penggalang, kegiatan perlombaan atau sejenisnya dengan syarat sebagai berikut :

  1. Siswa memenuhi syarat hafalan Al Quran dikelas 7 sekurang-kurangnya 3 Juz
  2. Siswa memenuhi syarat hafal Al Quran dikelas 8 sekurang-kurangnya 5 Juz
  3. Siswa memenuhi standar nilai setiap semester rata-rata minimal 8,5
  4. Siswa mengisi nota kesepakatan atas keikut sertaan siswa dalam kegiatan tersebut